1st winner NTT Comm, good job team! :)
Menjamurnya bisnis startup di Indonesia memang signifikan. Tak heran banyak investor yang tertarik kemudian memilah startup mana yang akan menguntungkan mereka untuk diinvestasi. Namun, yang perlu diketahui, sebenarnya pada kuartal kedua tahun 2017, ekosistem startup tanah air mengalami berbagai kejadian. Mulai dari beberapa startup yang memutuskan untuk menutup layanan atau mengubah model bisnis, hingga penurunan jumlah startup yang mendapat pendanaan dibandingkan tahun 2016 lalu. Di sisi lain, kondisi startup Indonesia juga diwarnai dengan beberapa hal menjanjikan. Beberapa startup potensial berhasil mendapatkan pendanaan lanjutan, ada pula yang dikabarkan telah mendapat pendanaan dengan jumlah fantastis dari para investor.
Inilah yang mendasari beragam kompetisi teknologi dan startup diselenggarakan di sepanjang tahun 2017. Kompetisi ini menawarkan berbagai hadiah menggiurkan serta pendampingan dan pendanaan dari investor. Salah satu kompetisi yang telah berlangsung adalah NTTINEX Startup Challenge 2017. Di kompetisi ini, tim kami berhasil menjadi 1st winner mengalahkan 9 startup lain di final day dan ratusan startup lain yang mendaftar di awal.
Sekilas Gambaran Mengenai Acara NTTINEX Startup Challenge
Buat kamu yang masih belum tahu mengenai acara yang satu ini, NTTINEX Startup Challenge 2017 merupakan bentuk dukungan NTT Communications terhadap ekosistem startup Indonesia. Terutama bagi mereka yang memiliki ide inovatif di tengah ketatnya persaingan bisnis berbasis teknologi saat ini. Lewat ajang tersebut NTT Communications tak segan-segan menggelontorkan dana besar bagi startupIndonesia dengan inovasi terbaik. NTT Communications sendiri merupakan perusahaan telekomunikasi asal Jepang yang bersama Fenox Venture Capital, menggelar NTTINEX Startup Challenge 2017, 19-25 Agustus 2017 ini.
Startup yang memiliki ide inovatif terbaik dan berhasil terpilih sebagai pemenang akan mendapatkan dana segar sebesar US$ 10.000 atau sekitar Rp 100 juta lebih sebagai hadiah utama, akses ke jaringan investor, penggunaan gratis rak kolokasi di pusat data NTTINEX selama setahun, serta dukungan IT oleh NTT Grup. Startup yang menjadi pemenang NETTINEX Startup Challenge 2017 juga akan berkesempatan menjalin kemitraan strategis bersama NTT Communications. NTT Communication sendiri merupakan salah satu pemain besar di dunia dalam penyediaan fasilitas pusat data dan jaringan TIK dengan pertumbuhan pendapatan tertinggi di Asia Pasifik.
Campaign Builder, Solusi Bagi Digital Marketer
Mungkin kamu penasaran dan bertanya-tanya.
"Kok bisa ri, tim kalian menang?"
"Perusahaan macem apaan aja tuh ri yang jadi pemenang?"
Saya pun saat juri mengumumkan nama startup yang kami wakilkan saat itu, masih penasaran hal apa yang membuat menang. Namun, bisa kami perkirakan bahwa dibandingkan startup lainnya adalah campaign builder yang merupakan keunikan dari bisnis startup yang kami wakilkan yang membuat menarik. Logikanya seperti ini, dengan campaign builder yang kuat yang membantu para digital marketer ataupun agency melakukan tugas yang berulang dan (juri itu mungkin berpikir inilah keunikannya). Dengan teknologi campaign builder yang canggih, kamu dapat membuat ribuan campaign dengan jutaan kata kunci dengan beberapa klik sehingga kamu dapat lebih fokus pada bisnis. Campaign builder cerdas dan secara otomatis menetapkan struktur campaign yang meniru struktur situs web atau struktur khusus yang dipilih. Builder juga secara otomatis mengisi campaign kamu dengan keyword terkait, atribut keyword dan pengubah keyword dengan cepat menggunakan generator keyword semantik. Korea menyediakan beberapa pilihan sumber data Campaign Builder seperti: datafeed, crawler, file khusus (TXT, CSV, Excel, XML) dan tautan langsung ke API inventaris produkmu.
Dengan demikian, kesimpulan saya, inilah yang memang memberikan keunikan dan keuntungan yang menarik bagi startup lain atau kamu yang ingin mengelola campaign. Juri memang menilai dari segi keunikan produk dan teknologi canggih. Saya saat itu bagian dari tim ini sebagai business development sekaligus digital creative strategist.
Sebagai bagian dari tim, saya berharap startup yang kami wakilkan ini akan lebih berkembang kedepannya. Saya pun berharap industri startup dan dunia teknologi di Indonesia berkembang dan memberikan banyak kontribusi bagi bangsa. Nggak muluk-muluk, minimal dengan banyaknya startup yang menjamur mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan angka kreativitas kan.😀💪Buat kamu yang ngaku anak kreatif atau ingin berkecimpung di dunia teknologi, yuk kembangkan idemu. Siapa tahu kamu bisa menjadi inovator di masa depan!
Komentar
Posting Komentar