Langsung ke konten utama

#TravelPedia Makassar : 7 Tempat Wisata Makassar Terpopuler Untuk Liburan Mengesankan





Begitu banyak destinasi liburan menarik di Indonesia yang bisa kita kunjungi mulai dari Sabang sampai Merauke. Kalau selama ini kamu hanya terpaku pada destinasi liburan yang ada di Jawa atau Bali saja, cobalah untuk melancong ke Indonesia Timur dan temukan keindahan serta budaya lokal yang ada di sana. Salah satunya adalah kota Makassar.
Makassar merupakan sebuah kota di bagian timur Nusantara yang memiliki potensi alam yang luas. Di kota yang sedang berkembang ini, tersimpan berjuta keindahan alam yang belum terekspos secara maksimal. Wisata Makassar terdiri dari lautan pesisir, perbukitan, air terjun, hingga wisata pulau. Banyak wisata alam tersembunyi di Kota Makassar yang akan membuat mata kamu terkesima, seperti 7 tempat wisata Makassar paling populer dan menginspirasi berikut ini!

Pantai Losari

tempat wisata makassar
Image: www.wartakita.id
Kamu tentu sering mendengar nama pantai ini, kan? Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan sunset yang sangat indah. Dulu, pantai ini dikenal dengan pusat makanan laut  dan ikan bakar di malam hari (karena para penjual dan pedagang hanya beroperasi pada malam hari), serta disebut-sebut sebagai warung  terpanjang di dunia (karena warung-warung tenda berjejer di sepanjang pantai yang panjangnya kurang lebih satu kilometer.
Salah satu panganan khas Makassar yang banyak dijual di warung-warung tenda di sana adalah pisang epe (pisang mentah yang dibakar, kemudian dibuat pipih, dan dicampur dengan air gula merah. Paling enak dimakan saat masih hangat). Saat ini warung-warung tenda yang menjajakan makanan laut tersebut telah dipindahkan pada sebuah tempat di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang juga masih berada di sekitar Pantai Losari. Liburanmu tentu akan mengesankan dengan mengunjunginya dan menjelajahi sejarah di dalamnya.

Fort Rotterdam

wisata makassar
Image: www.lovebanget.com
Ada lagi cara membuat liburan berkesan, yaitu menilik sejarah sambil memahaminya. Misalnya saja dengan mengunjungi Fort Rotterdam atau dikenal juga dengan Benteng Ujung Pandang. Tempat wisata Makassar ini terletak di Jalan Ujung Pandang No 1, Kota Makassar.
Menilik sejarah, Benteng Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ kallonna.  Memasuki bagian dalam Fort Rotterdam, pengunjung disambut sebuah taman hijau nan asri yang berada di tengah-tengah benteng.
Taman itu dikelilingi oleh bangunan tua bertingkat 2, sementara tembok setinggi sekitar 3 meter tampak mengelilingi kawasan Fort Rotterdam ini. Selain itu, kamu  juga bisa menjumpai Museum La Galibo yang berlokasi di dalam benteng.

Tanjung Bira

tanjung bira tempat wisata makassar
Image: mediatraveler.com
Makassar punya pesona bahari yang menakjubkan! Salah satunya di Tanjung Bira, yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Berjarak sekitar 200 kilometer dari kota Makassar, Tanjung Bira punya berbagai objek wisata yang bisa kamu kunjungi.
Mulai dari Kawasan Wisata Pasir Putih atau yang lebih dikenal dengan Pantai Bira, Pantai Bara, hingga gugusan pulau kecil di seberang, seperti Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. Meski belum sepopuler daerah wisata bahari lain, kamu tak perlu khawatir soal akomodasi di Tanjung Bira. Soalnya di sini terdapat beberapa pilihan penginapan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pulau Samalona

wisata alam makassar
Image: mongabay.co.id
Tidak heran jika setiap hari selalu ada wisatawan baik lokal maupun asing yang menyempatkan diri untuk datang ke pulau ini. Jika bosan bermain air, silakan merapat ke kedai. Di kedai ini, tersedia olahan masakan khas daerah pesisir, seperti ikan dan kepiting bakar.
Luas Pulau Samalona semakin menyusut dari tahun ke tahun. Di penghujung 2012, luas pulau ini hanya sekitar 2 hektare. Walau kecil, pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti penginapan, kamar bilas, dan kedai.
Jika pengunjung ingin melihat keindahan bawah laut, juga tersedia jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu jika diinginkan. Harga sewa alat-alat snorkeling Rp 50.000-Rp 100.000, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.
Pamandangan bawah laut Pulau Samalona terkenal hingga penjuru dunia. Pulau Samalona merupakan kekayaan milik nusantara yang harus dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai promosi wisata yang sedang digencarkan justru semakin merusak kealamian pulau ini. Apalagi banyak yang percaya bahwa Pulau Samalona yang luasnya selalu menyusut dari tahun ke tahun ini diyakini akan tenggelam di tahun 2020.

Pemandian Alam Air Panas Lejja

wisata makassar
Image: ransel-celebes.blogspot.com
Kamu bisa saja membuat liburanmu berkesan dengan menenangkan diri di pemandian alam. Pemandian Alam Air Panas Lejja berada di kawasan hutan lindung berbukit dengan panorama yang indah di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, 44 km utara Kota Watansopeng yang merupakan ibukota Kabupaten Soppeng.
Di tempat ini memiliki sumber air panas dengan suhu mencapai 60°C yang dipercaya bisa menyembuhkan gatal-gatal dan rematik. Pemandian ini merupakan obyek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Fasilitas di Pemandian Alam Air Panas Lejja ini cukup memadai dengan adanya kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahatan, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Untuk kolam pemandian private disediakan dengan rumah panggung kecil yang memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter.
Gimana nih? Kelima tempat wisata Makassar di atas menarik bukan? Intinya membuat liburanmu berkesan atau menginspirasi tidak selalu dengan mengunjungi objek wisata yang menyenangkan hatimu semata. Tetapi juga yang kaya akan sejarah, budaya atau yang bisa menenangkan pikiranmu. Itupun sudah bisa membuat liburanmu berkesan, bukan? Have a nice holiday!
Ditulis untuk klien : ShopBack
Writer : Riri Anggraheni
Featured Image : andisuciarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : Film Thor Ragnarok

Woohooo! Ini saatnya review film bulan Oktober. Berhubung gue sukanya film bergenre thriller, adventures, heroes, mystery maka reviewnya juga berkisar ini ya😁. Kalian sudah nonton film Thor Ragnarok? Buat yang sudah pasti setuju dong film ini keren? It's the funniest Marvel movie to date. In fact, it may be the funniest superhero movie  ever . From the first scene until the very last, it's a non-stop cavalcade of jokes wrapped around an epic, sweeping space adventure. The whole thing will make you absolutely giddy . Karena saking kerennya, yang belum nonton buruan deh nonton. Bisa download atau yang bajakan juga ada hehe . Image : i.kinja-img FYI , buat yang belum update film terbaru biskop, gue akan jelasin sekilas tentang film ini. Thor Ragnarok ini adalah film super hero berdasarkan karakter Marvel Comic , nggak heran kalau pecinta komik sudah familiar. Film yang disutradari Taika Waititi ini adalah sekuel Thor dan Thor : The Dark World , serta merupakan film ked

#TravelPedia Bali : 6 Tempat Wisata Bali Dengan Keindahan Mempesona

Hayooo, mana nih yang ngaku traveller sejati? Tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi, guys? Bali jadi salah satu pulau yang wajib kamu singgahi nih. Pulau Bali memiliki sangat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bali. Nah, buat kamu yang mau jadi traveller atau yang ngaku traveller sejati, 6 tempat wisata Bali ini jadi tempat wajib kamu kunjungi. Apa saja sih? Pantai Kuta Image: izaybiografi.com Menyebut nama tempat wisata di Kuta Bali, tentu kamu sudah tidak asing lagi. Eits, tapi kamu beneran sudah menjelanjahi pantai yang satu ini belum? Daya tarik utama dari tempat wisata Kuta yang membuat sangat populer, karena tersedianya pantai pasir putih bersih, sangat landai dan luas. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sih pantai yang satu ini jadi tempat wajib bagi traveller sejati? Salah satu alasannya karena Pantai Kuta ini legendaris dan banyak tersedia fasilitas pengunjung seperti, shopping

Important Things To Do Before 25

23 years old. I started to reflect on my years of life and realised how much I have accomplished, grown in myself. I though I'm young, fit and fearless and it seems a waste not to making list and see the world when it is right at fingertips! There are so many “listicles” out there about what I have learned or know by a certain age. Making this list turned out to be a little harder than I expected – honestly, how many crazy, life-changing experiences can I really expect to have in the next year? I have to save some things for the years that come after, right? I found myself including things that I think will make me a better person and challenge me in new ways. And after my birthday six months ago, I couldn’t help but contribute to the conversation. There are (at least) so many things I wish I took advantage of, learned, habituated to or did before turning 25... and things I am going to try to accomplish after turning 25.  1. Go to a music concert and festival Done alre