Langsung ke konten utama

Fun Ways To Volunteering... Edisi Serunya Mengajar Sukarelawan



"Kak, aku mau sama kakak..."
"Kak, ajarin dong..."
"Kak, kita harus gimana Kak?"
"Kak, ayo latihan..."
"Kak, bikin yel-yel yuk..."
"Saya mau jadi dokter, Kak..."
"Saya suka baca buku princess Kak, yg ini cantik ya..."
"Kak, mau lihat foto kk dong..."
dll.
Awalnya niat buat ngajarin mereka, belajar bersama, dan memang passion di bdg pendidikan tapi nyatanya mereka adlh obat buat saya. Obat krn mereka mengubah persepsi dan pemikiran. Menjadi motivasi. Berharap masa depan mereka bisa jd pemimpin dan meraih mimpi, tdk hanya menjalankan hidup sesuai garis takdir, atau menjalankan hidup sesuai alur "biasa". Semoga.
TUW. Jakarta, 26 Feb 2017.


Begitulah tulis saya di notebook saat itu. Sudah lama saya suka dengan kegiatan sosial dan kemanusiaan. Sehingga memutuskan menjadi volunteer atau relawan di sela kesibukan masa kuliah hingga masa kerja tak menjadi persoalan. Saya tetap menikmatinya. 

Awal tahun ini saya kembali menjelajahi Indorelawan dan menemukan satu lagi organisasi sosial yang menarik. Mereka mewadahi organisasi ini sebagai lembaga pendidikan kecil sukarelawan. Fokusnya pada anak-anak pinggiran rel di daerah Jakarta Selatan. Namanya The Umbrella Wisdom. Bulan Februari ini merupakan pertama kalinya saya bergabung dengan mereka dan ikut serta mengajar. Materi ajarnya beragam, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kesenian hingga games.

Awalnya para pengajar janjian di Alfamart dekat lokasi ajar, kemudian berangkat bersama-sama kesana. Ketika sampai disana saya cukup tertegun, karena anak-anaknya semangat dan periang sekali. Mereka berlarian menghampiri kami sembari berteriak "Kakakkkkk...kita udah nungguin daritadi tau..."

Bahkan dengan saya yang terbilang tutor baru ikut saat itu pun anak itu tak segan mendekati saya, bahkan menggandeng sambil berceloteh. Namun, ternyata mengajar mereka bukanlah perkara mudah. Agak sulit untuk ditertibkan dan mereka ini sering merengek manja.

Tapi salah satu tutor senior yang juga founder disini mampu menertibkan dengan tegas. Ya, dengan tegas. Baginya, misinya memang mendidik tapi mengajari dengan tegas itu penting bagi sikap dan karakter mereka.


Beginilah suasana mengajar disana :)

Selain materi ajar, kami pun bermain games. Tutor disini bertugas untuk memimpin jalannya games sekaligus mengajari mereka strategi atau mengatur mereka. Saya senang karena mereka begitu antusias "Kak Riri, kita musti gimana ya? Pakai strategi begini kali ya..."
Wah, mereka ini sebenarnya kreatif dan aktif kok. Hanya benar seperti yang teman saya katakan, mereka butuh pembentukan karakter yang benar dan minat baca yang lebih.

Games yang diinisiasikan oleh tutor senior ini juga menarik. Karena tak sekedar games yang melatih motorik atau intelegensi tapi juga jiwa sosial. Mereka diajari untuk melihat sisi bahwa orang lain dengan kebutuhan khusus sama seperti mereka, tak perlu dikasihani, hanya butuh kasih dan pertemanan yang tulus dari mereka.

Organisasi ini rupanya memfasilitasi buku, alat tulis dan alat ajar yang disimpan dalam gudang.

Beberapa anak mendekati saya dan ingin lebih dekat seperti kakak-adik, bahkan meminta untuk berfoto bersama, melihat foto saya dan menggali informasi tentang saya. Hahahaha mungkin ada bakat analis, jurnalis, atau pengamat.

Sepulang mengajar, kami kembali melewati rel kereta lagi. Terlihat sekali jurang sosial di daerah sini. Di seberang terdapat gedung-gedung pencakar langit sementara disini justru kawasan kumuh terlihat. Ah, semoga saja kami bisa memberi kontribusi. Setidaknya membantu mengajari mereka juga menjadi andil, bukan? Yuk, jadi sukarelawan, kamu bisa pilih bidang sesuai minat juga kok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#TravelPedia Bali : 6 Tempat Wisata Bali Dengan Keindahan Mempesona

Hayooo, mana nih yang ngaku traveller sejati? Tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi, guys? Bali jadi salah satu pulau yang wajib kamu singgahi nih. Pulau Bali memiliki sangat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bali. Nah, buat kamu yang mau jadi traveller atau yang ngaku traveller sejati, 6 tempat wisata Bali ini jadi tempat wajib kamu kunjungi. Apa saja sih? Pantai Kuta Image: izaybiografi.com Menyebut nama tempat wisata di Kuta Bali, tentu kamu sudah tidak asing lagi. Eits, tapi kamu beneran sudah menjelanjahi pantai yang satu ini belum? Daya tarik utama dari tempat wisata Kuta yang membuat sangat populer, karena tersedianya pantai pasir putih bersih, sangat landai dan luas. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sih pantai yang satu ini jadi tempat wajib bagi traveller sejati? Salah satu alasannya karena Pantai Kuta ini legendaris dan banyak tersedia fasilitas pengunjung seperti, shopping

Review : Film Thor Ragnarok

Woohooo! Ini saatnya review film bulan Oktober. Berhubung gue sukanya film bergenre thriller, adventures, heroes, mystery maka reviewnya juga berkisar ini ya😁. Kalian sudah nonton film Thor Ragnarok? Buat yang sudah pasti setuju dong film ini keren? It's the funniest Marvel movie to date. In fact, it may be the funniest superhero movie  ever . From the first scene until the very last, it's a non-stop cavalcade of jokes wrapped around an epic, sweeping space adventure. The whole thing will make you absolutely giddy . Karena saking kerennya, yang belum nonton buruan deh nonton. Bisa download atau yang bajakan juga ada hehe . Image : i.kinja-img FYI , buat yang belum update film terbaru biskop, gue akan jelasin sekilas tentang film ini. Thor Ragnarok ini adalah film super hero berdasarkan karakter Marvel Comic , nggak heran kalau pecinta komik sudah familiar. Film yang disutradari Taika Waititi ini adalah sekuel Thor dan Thor : The Dark World , serta merupakan film ked

Important Things To Do Before 25

23 years old. I started to reflect on my years of life and realised how much I have accomplished, grown in myself. I though I'm young, fit and fearless and it seems a waste not to making list and see the world when it is right at fingertips! There are so many “listicles” out there about what I have learned or know by a certain age. Making this list turned out to be a little harder than I expected – honestly, how many crazy, life-changing experiences can I really expect to have in the next year? I have to save some things for the years that come after, right? I found myself including things that I think will make me a better person and challenge me in new ways. And after my birthday six months ago, I couldn’t help but contribute to the conversation. There are (at least) so many things I wish I took advantage of, learned, habituated to or did before turning 25... and things I am going to try to accomplish after turning 25.  1. Go to a music concert and festival Done alre