Langsung ke konten utama

#HealthPedia Ketahui Bahaya Bayi Sering Dicium




Cium adalah tanda kasih sayang. Benar nggak sih? Tapi, kalau bayi yang sering dicium justru bahaya buat bayinya. Lho, kok bisa?  Pasalnya, banyak kuman atupun virus penyebab penyakit yang dapat ditularkan melalui percikan ludah dan menyebar di udara sehingga terhirup oleh bayi.
Bahkan dr. Theresia Adhitirta  yang juga berpofesi sebagai Product Manager PT Wyeth Indonesia ini menyatakan “Yang ditakutkan dari cium itu adanya air ludah yang mengandung banyak sekali virus yang akan tertular lewat udara. Kalau di luar negeri, orang akan melarang anak-anaknya untuk dicium sembarang orang,”. Nah lho, berniat sayang tapi justru membahayakan bagi si kecil. Tidak mau kan? Lalu, apa aja sih penyakit yang berpotensi jika bayi sering dicium? Simak ulasan berikut ini.

Berpotensi Batuk, Flu, atau Pilek 

Bahaya bayi sering dicium
Image: pexels.com
Ketiga penyakit ini memang menyerang saluran penapasan. Apa sih media penularannya? Flu, batuk, pilek, sakit kepala, menular lewat percikan ludah. Ingatlah, saat mencium si kecil, kuman seperti batuk, flu, dan pilek ikut berpindah dari mulut kamu ke pipi atau bibir si kecil.
Akibatnya, si kecil pun ikut tertular, sehingga beberapa waktu kemudian, ia akan terkena penyakit tersebut.  Ingat, penyakit seperti flu, batuk, pilek, sakit kepala, menular lewat percikan ludah. Saat kamu bersin, batuk, bernapas, termasuk mencium bayi, kuman ikut terbang dan menulari orang di sekelilingnya. Nah, jadi sebaiknya kurangi frekuensi mencium si kecil dan jika kamu sedang sakit flu, batuk atau pilek gunakan masker jika dekat jaraknya dengan si kecil.

 Ancaman Penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD)

bahaya bayi sering dicium
Image: pexels.com
Apa sih penyakit IPD itu? Penyakit Invasive Pneumococcal Disease merupakan penyakit infeksi saluran nafas yang disebabkan bakteri pneumokokus. Pneumokokus selain merupakan penyebab utama pneumonia (radang paru), juga menyebabkan meningitis (radang selaput otak), bakteremia (bakteri tersebar pada darah), sepsis (infeksi seluruh tubuh), sinusitis (radang sinus), otitis media (radang telinga tengah), dan konjungtivitis (radang selaput lendir mata) terutama pada anak usia < 2 tahun dan lansia.
Di seluruh dunia diperkirakan terdapat 10% dari 12 juta kematian pada balita setiap tahun akibat infeksi pneumokokus. Di negara berkembang, diduga sedikitnya 1.000.000 anak meninggal setiap tahun karena penyakit infeksi pneumokokus. Lebih dari 500.000 kasus pneumonia akibat pneumokokus ditemukan di Amerika Serikat dengan 40.000 kematian setiap tahunnya. Pneumonia pneumokokus merupakan 36% dari pneumonia komunitas (Community Acquired Pneumonia/CAP) dan 50% dari pneumonia nosokomial (akibat perawatan di rumah sakit). Wah, serem kan? Jadi, mendingan hindari deh keseringan cium bayi dan anak kecil.
Penyakit Cytomegalovirus (CMV)
bahaya bayi sering dicium
Image: http://parentingpatch.com/
Bahaya bayi sering dicium lainnya yang juga harus diperhatikan adalah Cytomegalovirus atau yang lebih dikenal dengan CMV. Cytomegalovirus adalah salah satu bentuk virus yang menyerupai virus herpes. Pada penderita yang terinfeksi oleh Cytomegalovirus maka gejalanya menyerupai flu bahkan beberapa mengalami tanpa gejala. Nah masalahnya virus ini juga terdapat dan menyebar lewat air liur. Bila si kecil dicium penderita yang terkena CMV, kemungkinan besar ia akan mengalami CMV juga. Penyakit ini cukup berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa.

Ancaman Radang Otak

Bahaya bayi sering dicium
Image: http://www.vix.com/
Kesehatan seorang dewasa tidak dapat dilihat dari penampilan fisik. Artinya, boleh saja ia terlihat sehat-sehat saja, padahal di tubuhnya sedang digerogoti penyakit menular. Salah satu penyakit menular yang rawan hinggap pada tubuh si kecil adalah radang otak, alias meningitis. Gejala awal meningitis yang ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah. Untuk itu, jangan segan untuk menolak tamu yang datang saat hendak mencium si kecil. Bahaya bayi sering dicium yang satu ini mungkin menjadi salah satu concern utamamu.

Terserang Virus Herpes

bahaya bayi sering dicium
Image: http://rasasakit.com/
Apa sih yang kamu bayangkan mendengar penyakit yang satu ini? Ya, penyakit kulit yang membuat tubuh gatal-gatal. Infeksi menular seksual ini juga dapat ditularkan lewat berciuman. Celakanya, virus ini juga bisa bersarang di dalam tubuh seseorang sepanjang hidupnya. Untuk itu, cegah dengan menolak halus setiap tamu yang akan mencium si kecil.

Cacar Air

bahaya bayi sering dicium
Image: majalahbidan.com
Mirip halnya dengan Herpes, cacar air juga merupakan penyakit kulit yang membuat tubuh terasa gatal. Cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster. Virus ini dapat sampai ke pada seseorang dengan cara “kontak” dengan seseorang yang terinfeksi. Cacar air adalah infeksi yang sangat menular, bahkan 90% dari orang-orang yang sebelumnya tidak menderita cacar air (belum memiliki imunitas terhadap cacar air) akan terinfeksi ketika kontak dengan virus.
Lebih berbahaya lagi, cacar air ini dapat menyebar dengan mudah melalui udara ketika seorang penderita cacar air batuk atau bersin, dimana tetesan-tetesan kecil cairan yang keluar mengandung virus. Jadi penularannya mirip penyakit flu yang sama-sama disebabkan oleh virus. Dapat dibayangkan bila penderita cacar air mencium si kecil, virusnya pun akan turut berpindah, sehingga menyebabkan si kecil sakit cacar.

Berpotensi Demam

bahaya bayi sering dicium
Image: pexels.com
Demam memang penyakit yang paling sering dialami oleh bayi atau si kecil. Nah, keseringan mencium juga bisa jadi penyebabnya lho. Beberapa penyakit dengan gejala demam dapat ditularkan lewat berciuman, termasuk beberapa penyakit demam. Entah flu, radang tenggorokan, dan lainnya. Apalagi imunitas si kecil juga belum berkembang dengan  baik,  sehingga ia mudah terserang penyakit dan menyebabkannya sakit.
Nah, setelah membaca ulasan 7 bahaya bayi sering dicium di atas kamu tentu harus lebih hati-hati bukan? Tentu tidak mau bayi yang masih rawan sakit justru sakit karena niat sayang lewat ciuman. Rasa sayang kita bisa disalurkan lewat tindakan dan asuhan pada si kecil tanpa terlalu sering mencium. Yuk, guys sebarkan informasi ini supaya banyak yang mengetahui tentang ini. Hitung-hitung mencegah penyakit pada bayi kan.
Ditulis untuk klien (written for client) : ShopBack
Writer : Riri Anggraheni
Featured Image : cdn.skim.gs

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#TravelPedia Bali : 6 Tempat Wisata Bali Dengan Keindahan Mempesona

Hayooo, mana nih yang ngaku traveller sejati? Tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi, guys? Bali jadi salah satu pulau yang wajib kamu singgahi nih. Pulau Bali memiliki sangat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bali. Nah, buat kamu yang mau jadi traveller atau yang ngaku traveller sejati, 6 tempat wisata Bali ini jadi tempat wajib kamu kunjungi. Apa saja sih? Pantai Kuta Image: izaybiografi.com Menyebut nama tempat wisata di Kuta Bali, tentu kamu sudah tidak asing lagi. Eits, tapi kamu beneran sudah menjelanjahi pantai yang satu ini belum? Daya tarik utama dari tempat wisata Kuta yang membuat sangat populer, karena tersedianya pantai pasir putih bersih, sangat landai dan luas. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sih pantai yang satu ini jadi tempat wajib bagi traveller sejati? Salah satu alasannya karena Pantai Kuta ini legendaris dan banyak tersedia fasilitas pengunjung seperti, shopping

Review : Film Thor Ragnarok

Woohooo! Ini saatnya review film bulan Oktober. Berhubung gue sukanya film bergenre thriller, adventures, heroes, mystery maka reviewnya juga berkisar ini ya😁. Kalian sudah nonton film Thor Ragnarok? Buat yang sudah pasti setuju dong film ini keren? It's the funniest Marvel movie to date. In fact, it may be the funniest superhero movie  ever . From the first scene until the very last, it's a non-stop cavalcade of jokes wrapped around an epic, sweeping space adventure. The whole thing will make you absolutely giddy . Karena saking kerennya, yang belum nonton buruan deh nonton. Bisa download atau yang bajakan juga ada hehe . Image : i.kinja-img FYI , buat yang belum update film terbaru biskop, gue akan jelasin sekilas tentang film ini. Thor Ragnarok ini adalah film super hero berdasarkan karakter Marvel Comic , nggak heran kalau pecinta komik sudah familiar. Film yang disutradari Taika Waititi ini adalah sekuel Thor dan Thor : The Dark World , serta merupakan film ked

Important Things To Do Before 25

23 years old. I started to reflect on my years of life and realised how much I have accomplished, grown in myself. I though I'm young, fit and fearless and it seems a waste not to making list and see the world when it is right at fingertips! There are so many “listicles” out there about what I have learned or know by a certain age. Making this list turned out to be a little harder than I expected – honestly, how many crazy, life-changing experiences can I really expect to have in the next year? I have to save some things for the years that come after, right? I found myself including things that I think will make me a better person and challenge me in new ways. And after my birthday six months ago, I couldn’t help but contribute to the conversation. There are (at least) so many things I wish I took advantage of, learned, habituated to or did before turning 25... and things I am going to try to accomplish after turning 25.  1. Go to a music concert and festival Done alre