Langsung ke konten utama

#TravelPedia Keeksotisan Gili Trawangan Mengalahkan Bali? Ini 6 Alasannya







Tak sedikit turis baik domestik maupun mancanegara yang kini justru melirik Gili Trawangan Lombok dibanding Bali. Meski gelombang wisata ke Bali masih belum tertandingi oleh destinasi-destinasi lainnya di Indonesia.
Beberapa tahun terakhir tren positif kunjungan wisata ke Gili Trawangan kian membuktikan jika daerah di timur Pulau Dewata ini siap memberikan pengalaman wisata yang berbeda. Walaupun Bali telah ama menjadi ikon wisata Indonesia.
Lho, kok bisa ya? Apa sih alasan Gili Trawangan menjadi primadona mengalahkan Bali? Yuk, intip 6 alasan Gili Trawangan lebih eksotis dibanding Bali berikut ini.

Jauh Dari Bising Kendaraan dan Polusi Udara

wisata gili trawangan
Image: ashtarilombok.com

Ketenangan menjadi kunci kenyamanan bagi wisatawan saat ini. Bukankah begitu? Keunggulan Gili Trawangan dibanding daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia termasuk Bali adalah dilarangnya kendaraan bermotor masuk ke dalam pulau.

Hasilnya tentu saja kawasan yang bebas kebisingan dan bebas dari polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor. Namun demikian bukan berarti tidak ada transportasi yang bisa digunakan selama berlibur di pulau ini. Sebagai ganti atas pelarangan kendaraan bermotor masuk ke Gili Trawangan, maka di dalam pulau disediakan transportasi pengganti yang lebih ramah lingkungan yaitu sepeda dan cidomo.
Cidomo adalah alat transportasi tradisional sejenis kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pilihan lain yaitu dengan menyewa sepeda di tempat persewaan yang banyak dijumpai di sana.

Tak Hanya Tenang, Tapi Juga Bebas Kemacetan

gili trawangan lombok
                                                                          Image: sesawi.net

Bagi kamu yang sudah pusing dengan kemacetan kota, Gili Trawangan menyuguhkan jalanan menuju objek wisata yang bebas kemacetan. Tentu ini menjadi salah satu alasan Gili Trawangan lebih eksotis di banding Bali yang termasuk ramai. Tak hanya keindahan alam yang bisa kamu nikmati tapi juga relaks dan ketenangan pikiran karena bebas kemacetan.

Keindahan Bawah Laut yang Memukau

tempat wisata lombok
                                                           Image: travel-lombok.com

Laut memang selalu menjadi pesona tersendiri bagi travellers dan wisatawan. Alasan ini juga lho yang membuat Gili Trawangan lebih eksotis dibanding Bali. Air lautnya yang jernih membuat berbagai biota yang hidup di dalamnya begitu mudah terlihat. Sayang sekali kalau kamu ke Gili Trawangan tanpa mencoba sensasi snorkeling atau diving di sekitar pulau ini. Pasti menyenangkan bukan, apalagi kamu bisa ambil foto keindahan bawah laut.

Keelokan Pantai Putih nan Bersih

tempat wisata gili trawangan lombok
Image: pathannay.files.wordpress.com

Siapa yang tidak senang mengunjungi lokasi wisata yang keelokan dan kebersihannya masih terjaga? Inilah yang menjadi alasan Gili Trawangan menyaingi Bali.
Berbentuk pulau kecil yang sedikit terpencil dan tidak memiliki sistem sungai yang bermuara ke laut, itulah beberapa alasan mengapa Gili Trawangan memiliki pantai yang selalu terjaga kebersihannya. Penyebab utama dari kotornya pantai seperti di Kuta adalah sampah yang terbawa aliran sungai menuju pantai saat musim hujan, hal ini tidak terjadi di Gili Trawangan.

Spot Sunset dan Sunrise Yang Bisa Ditempuh Hanya Dengan Berjalan Kaki

gili trawangan lombok
Image: travel-lombok.com
Sunset dan sunrise selalu menjadi ketertarikan bagi penikmat pantai dan pecinta fotografi. Inilah kelebihan lain yang akan kamu dapatkan jika berlibur di Gili Trawangan.
Pulau mini ini memiliki pantai yang menghadap ke barat dan timur sehingga memungkinkan setiap wisatawan untuk bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam pada satu lokasi. Hal ini disebabkan jarak antar pantai di sana tidak terlalu jauh sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja atau naik cidomo.

Keramahan Penduduk Lokal

keindahan gili trawangan
Image: klikhotel.com

Seringkali masalah watak penduduk menjadi momok bagi wisatawan. Bagaimana tidak? Mengunjungi tempat yang belum dikenal tentu berpeluang bermasalah dengan penduduk setempat. Nah, Gili Trawangan memiliki penduduk lokal yang ramah sehingga wisatawan pun tak segan mengunjungi objek wisata ini.
Tidak seperti di perkotaan, semakin plural pendatang maka kehidupan sosial akan semakin hilang. Orang-orang akan semakin individualistis dan tidak menegur sapa dengan orang lain. Penduduk Gili Trawangan terkenal dengan keramah tamahannya sekalipun kepada pendatang atau orang asing. Jadi, kamu akan merasakan kehangatan selama berada di sana.
Dengan demikian, tak heran bukan kini wisatawan lebih melirik Gili Trawangan dibandingkan Bali. Ulasan 6 alasan Gili Trawangan lebih eksotis dibanding Bali sudah menjawab pertanyaan yang terbersit di benakmu. Jadi, apakah kamu juga punya rencana berkunjung ke Gili Trawangan?
Ditulis untuk klien ShopBack
Journalist, Writer
Featured Image : explorelombok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : Film Thor Ragnarok

Woohooo! Ini saatnya review film bulan Oktober. Berhubung gue sukanya film bergenre thriller, adventures, heroes, mystery maka reviewnya juga berkisar ini ya😁. Kalian sudah nonton film Thor Ragnarok? Buat yang sudah pasti setuju dong film ini keren? It's the funniest Marvel movie to date. In fact, it may be the funniest superhero movie  ever . From the first scene until the very last, it's a non-stop cavalcade of jokes wrapped around an epic, sweeping space adventure. The whole thing will make you absolutely giddy . Karena saking kerennya, yang belum nonton buruan deh nonton. Bisa download atau yang bajakan juga ada hehe . Image : i.kinja-img FYI , buat yang belum update film terbaru biskop, gue akan jelasin sekilas tentang film ini. Thor Ragnarok ini adalah film super hero berdasarkan karakter Marvel Comic , nggak heran kalau pecinta komik sudah familiar. Film yang disutradari Taika Waititi ini adalah sekuel Thor dan Thor : The Dark World , serta merupakan film ked

#TravelPedia Bali : 6 Tempat Wisata Bali Dengan Keindahan Mempesona

Hayooo, mana nih yang ngaku traveller sejati? Tempat wisata mana saja yang sudah kamu kunjungi, guys? Bali jadi salah satu pulau yang wajib kamu singgahi nih. Pulau Bali memiliki sangat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bali. Nah, buat kamu yang mau jadi traveller atau yang ngaku traveller sejati, 6 tempat wisata Bali ini jadi tempat wajib kamu kunjungi. Apa saja sih? Pantai Kuta Image: izaybiografi.com Menyebut nama tempat wisata di Kuta Bali, tentu kamu sudah tidak asing lagi. Eits, tapi kamu beneran sudah menjelanjahi pantai yang satu ini belum? Daya tarik utama dari tempat wisata Kuta yang membuat sangat populer, karena tersedianya pantai pasir putih bersih, sangat landai dan luas. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sih pantai yang satu ini jadi tempat wajib bagi traveller sejati? Salah satu alasannya karena Pantai Kuta ini legendaris dan banyak tersedia fasilitas pengunjung seperti, shopping

Important Things To Do Before 25

23 years old. I started to reflect on my years of life and realised how much I have accomplished, grown in myself. I though I'm young, fit and fearless and it seems a waste not to making list and see the world when it is right at fingertips! There are so many “listicles” out there about what I have learned or know by a certain age. Making this list turned out to be a little harder than I expected – honestly, how many crazy, life-changing experiences can I really expect to have in the next year? I have to save some things for the years that come after, right? I found myself including things that I think will make me a better person and challenge me in new ways. And after my birthday six months ago, I couldn’t help but contribute to the conversation. There are (at least) so many things I wish I took advantage of, learned, habituated to or did before turning 25... and things I am going to try to accomplish after turning 25.  1. Go to a music concert and festival Done alre